FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BOYOLALI LUNCURKAN PROGRAM EnCb (Enterpreneurship and Creative Business)

Boyolali (01/07/2022) – mengusung tema menumbuhkan jiwa entrepreneurship mahasiswa, Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali (FE UBY) hadir sebagai representatif kegiatan kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen FE UBY melalui peluncuran Program EnCb. Program ini memiliki visi untuk mengajak mahasiswa agar lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan peluang di bidang kewirausahaan. 

Fakultas Ekonomi Universitas Boyolali, institusi yang bergerak di bidang pendidikan ini mengadakan peluncuran Program di bidang kewirausahaan yaitu EnCb (Enterpreneurship and Creative Business) pada Jumat, 1 Juli 2022 yang diselenggarakan di Ruang A1 Universitas Boyolali. Peluncuran program ini dihadiri oleh Ibu Dwi Suci Lestariana, S.P.,M.P. selaku Wakil Rektor I, Bapak Hari Purwanto, S.E.,M.M. selaku Wakil Rektor II, Bapak A. Fidhdiarr Ariestanto, S.E.,M.M. selaku Dekan Fakultas Ekonomi, Ibu Unna Ria Safitri, S.E.,M.M. selaku Kaprodi Manajemen, Ibu Alean Kristiani Hegy Suryana, S.R.,M.M. selaku Kaprodi Akuntasi, Ginanjar Aham Rahayu selaku ketua HMJ Manajemen, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum Universitas Boyolali yang berjumlah 90 orang. 

Kegiatan ini diawali dengan Pembukaan oleh MC, Do’a, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Sambutan Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor I, sambutan Dekan FE, pemotongan pita peresmian oleh  Wakil Rektor I didampingi oleh Wakil Rektor II, Dekan FE, Kaprodi Manajemen, dan Kaprodi Akuntansi, pemaparan materi disusul tanya jawab, kemudian penutup.  

Sasaran dari Program EnCb adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi prodi Manajemen dan Akuntansi yang mengambil mata kuliah kewirausahaan, kewirausahaan lanjutan, dan manajemen operasional, serta mahasiswa Fakultas Hukum yang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Dengan adanya program EnCb, diharapkan segala aspirasi, kreativitas, dan inovasi mahasiswa dapat tersalurkan.  

“mempelajari kewirausahaan bermanfaat bagi mahasiswa karena mengajarkan untuk mengembangkan keterampilan unik dan berpikir out of the box. Selain itu juga menciptakan peluang, menanamkan kepercayaan, dan merangsang perekonomian,” ucap Dwi Suci Lestariana, S.P.,M.P. selaku Wakil Rektor I. 

Bapak A. Fidhdiarr Ariestanto, S.E.,M.M. selaku Dekan Fakultas Ekonomi, dalam sambutannya menambahkan bahwa kreativitas dan inovasi bisa diciptakan kapan saja, seperti FE UBY yang tiada hentinya berinovasi dalam mencetak mahasiswa yang berkualitas. “Diharapkan mahasiswa bisa lebih aware terhadap peluang yang ada di depan mata,” tuturnya. 

Di tempat yang sama, Kaprodi Manajemen dan Akuntansi menyampaikan “mahasiswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga belajar praktek dalam dunia usaha yang nyata. Mahasiswa dituntun belajar lebih menuangkan kreativitas dalam bentuk Usaha Kecil Menengah yang dimulai dari nol”.  

Yang menarik dari serangkaian acara ini adalah ketika pengenalan EnCb Incubator oleh Aham Ginanjar Rahayu selaku Ketua HMJ Manajemen. Proses ini mengundang antusiasme dari para mahasiswa yang hadir. Dengan adanya program ini, mahasiswa merasa telah menemukan wadah yang tepat untuk menyalurkan kreativitas dan inovasi mereka. Sebagai program yang tergolong muda, FE UBY memerlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk melahirkan produk-produk yang berkualitas di Boyolali, Rektor UBY sangat mendukung kemajuan Program EnCb. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *