Tim Pengabdian Program Studi Akuntansi FE-UBY Gelar Pelatihan Tentang Penerapan Laporan Kas Sederhana Pada Ibu-Ibu PKK Di Rw 02 Desa Dragan Kecamatan Taman Sari Kabupaten Boyolali

Pelaksanaan Pelatihan Tentang Penerapan Laporan Kas Sederhana Pada Ibu-Ibu PKK Di Rw 02 Desa Dragan Kecamatan Taman Sari Kabupaten Boyolali

Pengelolaan keuangan keluarga merupakan cara mengatur alokasi keuangan keluarga untuk memenuhi kebutuhab saat ini, kebutuhan yang akan datang dan kebutuhan tak terduga yang mempengaruhi kondisi keuangan keluarga. Permasalahan yang dihadapi ibu rumah tangga adalah kurang bisa merencanakan dan mengelola keuangan, mereka me-manage keuangannya secara tradisional. Tidak ada pencatatan uang masuk dan keluar sehingga setiap akhir bulan, penggunaan uang tidak bisa terkontrol.
Menanggapi hal tersebut program studi akuntansi Universitas Boyolali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Penerapan Laporan Kas Sederhana Pada Ibu-Ibu PKK di Rw 02 Desa Dragan Kecamatan Taman Sari Kabupaten Boyolali.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari kamis 09 februari 2023 yang berlokasi di Rw 02 Dragan Boyolali. Kegiatan ini diikuti oleh Dekan, Ketua Program Studi, Dosen mahasiswa dan Ibu Ibu PKK di Rw 02 Desa Dragan.
Nur Asih Triatmaja,SE., M.Ak sebagai narasumber sekaligus Ketua Program Studi Akuntansi menyampaikam bahwa pola perilaku masyarakat yang cenderung komsumtif perlu ada perhatian khusus, salah satu upaya untuk mengatasi perilaku masyarakat yang komsumtif adalah melalui pengelolaan keuangan keluarga.
Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang pembuatan laporan kas sederhana termasuk didalamnya pengelolaan keuangan keluarga kepada Ibu-Ibu PKK agar bisa mengelola keuangan sehingga bisa terhindar dari hutang akibat terlalu banyaknya pengeluaran dalam menjalankan aktivitas sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *